berita

Mewujudkan Desa Mandiri melalui Pelatihan Motivasi Mandiri & Ide Bisnis

Sebanyak 40 warga dari hari Jumat sampai dengan Minggu (1-3/2/2013) kemarin, mengikuti pelatihan  Motivasi Mandiri & Ide Bisnis. Bertempat di Desa Bakung Kecamatan Kanor Bojonegoro, peserta dengan antusias mengikuti pelatihan yang dilaksanakan oleh PEACBromo melalui program Desa Mandiri, Bina Lingkungan dari PT Perkebunan Nusantara X (Persero).

Diantara peserta tidak tampak rasa canggung untuk belajar dan bermain dalam pelatihan yang menggali motivasi mandiri maupun ide bisnis disekitar lingkungan desa mereka, meskipun usia mereka sebagian besar sudah paruh baya.  Bahkan sebagian besar mengaku senang dengan metode yang digunakan yakni dengan simulasi,diskusi kelompok, bermain peran dan games.

Instruktur pelatihan ini adalah tim instruktur dari PEACBromo Bagus Suminar, Fahmi Tibyan dan instruktur tamu DR. Nadhir dari Yapsem Lamongan.  Diawal pelatihan menekankan kepada perubahan mindset dari peserta yang awalnya pasif dengan keadaan desa yang terbatas, dan menggantungkan kepada musim tanam, menjadi penuh kesadaran untuk merubah keadaan desa menjadi mandiri dengan menciptakan peluang usaha baru. Sedangkan di hari kedua, dengan instruktur Nadhir, peserta diberikan contoh sukses dari keberhasilan pemberdayaan masyarakat desa yang ada di desa Turi Lamongan.

Di hari ketiga peserta dibekali dengan tools untuk membuat perencanaan usaha secara sederhana dengan menggunakan bisnis model canvas. Dengan pendekatan ini, peserta akan  dengan mudah untuk mewujudkan ide bisnis mereka kedalam selembar kanvas sehingga mereka tahu usaha ini prospek atau tidak.

Peserta mengaku sangat terkesan dengan pelatihan ini karena mereka baru kali ini mengikuti pelatihan dengan instruktur yang mampu member motivasi dan dorongan untuk membangun desa agar lebih maju. Hal tersebut sebagaimana diungkapkan oleh Cahyo salah seorang peserta dari bakung. “ Baru kali ini saya mengikuti pelatihan seperti ini, awalnya saya mengira pelatihan ini seperti penyuluhan, namun di hari pertama saya ikut pikiran saya menjadi terbuka untuk berubah lebih baik, dan mengembangkan usaha peternakan kambing saya ” ujarnya.

Sedangkan Ahmad, salah seorang peserta yang berprofesi sebagai petani dan pengrajin bambu mengungkapkan agar pelatihan ini tidak terbatas pada motivasi saja, namun dilanjutkan dengan pelatihan yang sifatnya teknis, seperti pelatihan kerajinan, permebelan dll. Agar warga yang telah bersemangat dapat terus ditingkatkan keahliannya. (fah)

About bdsindonesia

Hadir dan Mengalir, untuk memajukan UMKM Indonesia melalui BDS / Business Development Services.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

%d blogger menyukai ini: