berita

PNM Siapkan Kredit Rp 3,1 T untuk UMKM

BANDUNG – PT Permodalan Nasional Madani (PNM) persero cukup agresif menyalurkan kreditnya kepada para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Menurut  Direktur Utama PNM, Parman Nataatmaja, terus meningkatknya tingkat kebutuhan permodalan membuat penyaluran kredit pun bertumbuh.

“Selama tahun lalu, kami menyalurkan kredit senilai Rp 2,5 triliun,” kata Parman di Hotel Grand Royal Panghegar, Jalan Merdeka, Bandung pekan lalu.

Menurut Parman, makin tingginya kebutuhan permodalan membuat pihaknya memproyeksikan pertumbuhan penyaluran kredit pada tahun ini sebesar 25 persen atau menjadi sekitar Rp 3,1 triliun. Parman optimistis dapat merealisasikan proyeksi pencapaian kinerja 2013 karena disokong oleh jaringan-jaringan PT PNM.

“Bagi kami, jaringan menjadi sebuah hal yang penting. Rencananya, tahun ini kami menambah 100 kantor cabang dan jaringan di beberapa titik di Jabar. Secara nasional total jaringan kami tahun ini menjadi 700 unit,” katanya.

Sektor perdagangan pada level pedagang kaki lima (PKL), ujar Parman, menjadi target prioritas penyaluran kredit PT PNM. Ia pun mengaku siap memberikan skema dan akses pembiayaan yang mudah bagi para PKL. Jadi PKL dapat mengajukan pembiayaan tanpa agunan dengan suku bunga kompetitif.

“Pagu kredit maksimalnya Rp 10 juta. Tapi kami  tetap selektif dan memperhatikan kinerja para PKL yang menjadi calon nasabah.” katanya.

Selain PKL, kata Parman, pihaknya fokus pada sektor industri kreatif. Menurut dia, sektor itu merupakan pasar yang potensial. Apalagi pengembangan pasar industri kreatif mengacu pada Instruksi Presiden No. 06/2009.

“Inpres itu mencakup 15 sektor industri kreaif. Antara lain periklanan, arsitektur, pasar barang seni, kerajinan, desain, fesyen, video, film, dan lainnya. Jadi, apa yang kami lakukan merupakan sebuah upaya meningkatkan potensi para pelaku industri kreatif,” kata Parman.

PT PNM adalah lembaga keuangan khusus yang sahamnya 100 persen milik pemerintah. Tugas utama PNM adalah memberikan solusi pembiayaan bagi UMKM dan koperasi dengan kemampuan yang ada berdasarkan kelayakan usaha serta prinsip ekonomi pasar.

Sumber; TRIBUNNEWS.COM,

About bdsindonesia

Hadir dan Mengalir, untuk memajukan UMKM Indonesia melalui BDS / Business Development Services.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

%d blogger menyukai ini: