berita

Manajemen (Masih) Menjadi Masalah Utama Kelangsungan Usaha Industri UKM

JAKARTA: Industri kecil dan menengah perlu memperbaiki manajeman agar dapat menjaga keberlangsungan usaha dan meningkatkan daya saing produk.

Ketua Umum Perhimpunan Persahabatan Indonesia Jepang (PPIJ) Rachmat Gobel menjelaskan manajemen memang menjadi salah satu masalah utama yang menghambat  perkembangan IKM di Indonesia.

“Bukan masalah modal, karena kalau manajemen keuangan, personalia, dan operasionalnya tidak bagus, diberikan modal berapapun pasti tidak berkembang,” ujarnya, Kamis (7/2).

Selain manajemen, kesadaran IKM untuk menciptakan produk unggulan juga masih kurang. Padahal, IKM terutama yang berbasis budaya memiliki potensi besar untuk menggali pasar internasional.

Senada, Afien Yuni Yahya, Head of Trade Service PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk menilai manajemen memang jadi persoalan yang dialami oleh usaha kecil menengah.

“Saat ini, kita sedang membina sekitar 340 kredit usaha rakyat (KUR) di berbagai sektor usaha dan diharapkan terus meningkat tiap tahun. Pembinaan yang dilakukan juga termasuk manajemen internal IKM,” ujarnya.

Dalam Seminar The Longetivity Secret of Furoshiki Business yang diadakan BNI dan PPIJ, Kamis (7/2), Rachmat Gobel juga mendorong IKM dalam negeri untuk mengadopsi prinsip produksi barang di Jepang, yang dikenal dengan monozukuri.

Monozukuri sendiri, berasal dari kata mono yang berarti produk dan zukuri yang berarti proses pembuatan atau penciptaan.

Namun, konsep ini mengandung makna yang jauh lebih luas dari arti harafiahnya. Kata monozukuri juga mengandung semangat jiwa untuk mencipta produk unggul dan kemauan untuk terus menyempurnakan proses dan sistem produksinya.

“Kita melihat Jepang memiliki komitmen dan inovasi sehingga produk mereka berkualitas internasional. Nilai Monozukuri bisa diadopsi di sini sehingga songket, tenun dan batik kita juga bisa punya kelas internasional,” sambungnya.

Sebuah IKM kecil yang memproduksi kain tradisional di Jepang, Eirakuya, misalnya terbukti dapat bertahan selama 393 tahun dengan produk kelas dunia

sumber; bisnis.com

About bdsindonesia

Hadir dan Mengalir, untuk memajukan UMKM Indonesia melalui BDS / Business Development Services.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

%d blogger menyukai ini: