berita

Mahasiswa Harus Bekali Diri Dengan Soft Skill

Mulia Ginting Munthe

BANDUNG-Mahasiswa tidak hanya memerlukan ilmu dari perguruan tinggi untuk meraih kesuksesan karir, tetapi juga memerlukan kemampuan soft skill untuk menjadi seorang entrepreneur seperti yang tengah digagas oleh pemerintah melalui program Gerakan Kewirausahaan Nasional.

Rektor Universitas Islam Nusantara (Uninus) Bandung Didin Wahidin mengatakan hard skill yang diraih dari pendidikan formal di kampus, perlu dikolaborasikan dengan kemampuan soft skill seperti ilmu kewirausahaan.

“Dengan demikian mahasiswa semakin berkualitas untuk meraih kesuksesan, termasuk melalui program kewirausahaan yang digalakkan oleh Kementerian Koperasi dan UKM,” katanya kepada mahasiswa pada workshop Gerakan Kewirausaah Nasional (GKN) di Kampus Uninus, hari ini (31/1).

Menurutnya, sebenarnya ilmu kewirausahaan tidak asing bagi mahasiswa Uninus, karena melengkapi mata kuliah lainnya. Oleh karena itu Didin sangat antusias mendorong mahasiswanya mengikuti lomba penulisan proposal usaha yang diluncurkan oleh Kementerian Koperasi dan UKM.

Sosialisasi tentang lomba untuk mencari 1.500 pemenang serta dibarengi dengan permodalan usaha awal hingga maksimal Rp25 juta, dilaksanakan oleh Menteri Koperasi dan UKM Sjarifuddin Hasan bersama Deputi Bidang Pengembangan SDM, Prakoso Budi Susetio.

Sasaran sosialisasi ke-85 kampus yang berada di Jawa Barat, Jabodetabek, dan Banten. Lomba proposal usaha dibuka hingga 15 Februari 2013, dan pengumuman pemenang dilaksanakan pada 18 Maret 2013 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan

 

sumber:bisnis.com

About bdsindonesia

Hadir dan Mengalir, untuk memajukan UMKM Indonesia melalui BDS / Business Development Services.

Diskusi

2 thoughts on “Mahasiswa Harus Bekali Diri Dengan Soft Skill

  1. Kalau bangsa ini ingin meningkatkan jumlah wirausahawan bukan hanya para mahasiswa yang dibekali sudah seharusnya kewirausahan dimulai sedini mungkin dan merubah paradigma orang tua yang selalu mencangkok pikiran anak-anaknya untuk menjadi PNS atau Pegawai Swasta. Bila kondisi ini bisa di ubah oleh semua pihak maka sudah pasti akan tumbuh para usahawan-usahanwirausahawan muda apalagi terus dikawal oleh pemerintah sampai jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Saya yakin bangsa indonesia akan tumbuh menjadi bangsa yang hebat dengan berjuta wirausawan tidak lagi tumbuh menjadi wirakoruptor seperti saat ini.

    Posted by I Putu Jonni | 12 Februari 2013, 6:24 am
    • Paradigma Masyarakat Indonesia cenderung berfikir pintas. Menjadi PNS atau bekerja di suatu perusahaan besar bagi para sarjana teknik adalah suatu prestasi yang luar biasa. Begitu pula dengan yang hanya tamatan SMA. Mereka cukup asing dengan berwirausaha atau entrepreneurship. oleh karena itu kita tidak bisa sendirian untuk mengubah Minsed seperti ini, tapi harus bersama-sama.

      Posted by bdsindonesia | 12 Februari 2013, 2:15 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

%d blogger menyukai ini: