berita

UNJ-Kementerian UKM gelar lomba penulisan proposal rencana bisnis

JAKARTA—Universitas Negeri Jakarta akan mengoptimalkan potensi mahasiswanya menjadi wirausaha pemula melalui lomba penulisan proposal bisnis atau business plan yang diinisisasi Kementerian Koperasi dan UKM melalui Gerakan Kewirausahaan Nasional 2013.

Pembantu Rektor III Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Fachruddin Arbah, menegaskan lembaga itu sangat optimistis dari total 26.000 mahasiswa akan mendominasi lomba penulisan proposal bisnis untuk menjadi wirausaha pemula.

”Secara pribadi saya akan mendorong seluruh mahasiswa untuk mengikuti lomba penulisan itu,” katanya kepada sekitar 200mahasiswa UNJ yang hadir pada sosialiasi Gerakan Kewirausahaan Nasional (GKN) 2013 di Aula Perpusatakaan UNJ, Selasa (29/01).

Dia menegaskan, mahasiswa tidak bisa hanya mengandalkan keilmuannya untuk menjadi orang sukses. Olehkarena itu harus ada semangat lain untuk mendorong kesuksesan itu. Misalnya melalui kewirausahaan yang saatini tengah digalakkan pemerintah.

Dia berjanji, bagi mahasiswa UNJ yang tidak mengikuti sosialiasi GKN, akan diinformasikan supaya mengikuti lomba penulisan proposal usaha. Apalagi disediakan modal usaha hingga Rp25 juta seperti yang disediakan Kementerian Koperasi dan UKM.

”Meski hanya 10 yang nantinya bisa lolos penilaian untuk menerima permodalan, UNJ dan mahasiswa harus bangga. Itu sebabnya harus ada semangat untuk mengikuti lomba ini, diballik disiplin ilmu di perguruan ini yang harus kalian selesaikan,” tegasnya.

Menurut dia, peluang menjadi wirausaha melalui lomba penulisan proposal harus diikuti, karena merupakan bagian dari menangkap ujian yang lebih besar menuju masa depan. “UNJ sebagai satu-satunya perguruan tinggi negeri di Jakarta, harus bisa menunjukkan kualitasnya melalui lomba penulisan proposal menjadi wirausaha pemula.”

Prakoso Budi Susetio, Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Koperasi dan UKM, menambahkan program yang diusung ini merupakan upaya mengembangkan atau meningkakan jumlah wirausaha nasional yang saat ini jumlah masih di bawah 2% dari populasi penduduk.

”Tepatnya, baru mencapai 1,56% atau setara dengan sekitar 4 juta pelaku usaha. Mungkin saat ini sudah mendekati angka 1,9%, namun gerakan untuk menciptakan wirausaha harus terus dilakukan. Saat ini kita masih membutuhkan sekitar 1 juta wirausaha baru,” katanya.

Meski demikian, dia mengingatkan agar mahasiswa yang mengikuti lomba penulisan proposal bisnis, harus berlaku jujur, jangan membuatproposal yang kurang rasional dari sisi permodalan dengan usaha yang hendak dijalankan.

Pemenang lomba penulisan proposal bisnis diumumkan pada 18 Maret 2013 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, bersamaan peringatan tiga tahun GKN. Acara ini akan dihadiri entrepreneurs muda dunia maupun artis ternama ibu kota, serta dihadiri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Sumber; Bisnis.com

About bdsindonesia

Hadir dan Mengalir, untuk memajukan UMKM Indonesia melalui BDS / Business Development Services.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

%d blogger menyukai ini: