berita

MODAL VENTURA UKM: Hippi Siapkan Dana Rp20 Miliar

Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (Hippi) siap menggelontorkan dana sebesar Rp20miliar sebagai modal ventura untuk membantu para pelaku usaha kecil menengah yang bergerak di industri kreatif, dan di bidang perikanan.

“Program kerja HIPPI pada awal 2013 ini, antara lain membantu para UKM di industri kreatif, dan bidang perikanan. Kami menyiapkan dana sebesar Rp20 miliar sampai Rp100 miliar untuk ini,” kata Suryani Sidik Motik, Ketua Umum DPP Hippi, dalam surat elektroniknya hari ini, Senin (7/1/2013).

Untuk tahap pertama, kata Suryani, targetnya ada sebanyak 100 orang UKM. “Dana awal yang siap digelontorkan sebesar Rp20 miliar. Dana tersebut didapat dari investor, dan bentuknya sebagai modal ventura,” tambahnya.

Suryani menuturkan para UKM tersebut rencananya akan dipinjami modal untuk menjalankan usaha kreatifnya. Selain itu juga diberi konsultan dan  pendampingan agar bisa meningkatkan bisnisnya.

“Potensi UKM kreatif di Indonesia cukup banyak. Mereka tinggal dipoles dan diberi pemahaman serta pelatihan yang lebih serius. Mereka bisa diandalkan untuk memperkuat ekonomi negeri ini,” ungkapnya.

Dia menjelaskan program modal ventura dan pendampingan bagi para UKM kreatif dan terkait seni budaya ini, merupakan program kerja hasil dari Rapat Kerja Nasional ke-1, dan Musyawarah Khusus HIPPI periode 2010-2015, yang berlangsung Desember lalu.

“Kami siap merealisasikan berbagai program kerja yang sudah ditetapkan dalam Rakernas tersebut. Dalam rapat tersebut ada sekitar 180 orang pengusaha pribumi dari 30 provinsi se-Indonesia yang hadir,” kata Suryani.

Menurut dia, Rakernas merupakan langkah yang cukup penting dalam menjalankan roda organisasi. “Pertemuan ini menjadi media dalam menggerakkan HIPPI untuk bisa ikut memajukan perekonomian negeri ini,” ujarnya.

Selain membahas masalah internal organisasi, Rakernas tersebut juga menyiapkan program pemberdayaan UKM kreatif, yang selama ini kesulitan dalam mencari modal kerja. “Mereka untuk mendapatkan pinjaman kredit modal dari perbankan, masih sulit dan kendala. Karena itu perlu modal ventura dan didampingi,” ujar Suryani.

Menurut dia, pengusaha pribumi bisa maju dan sukses di negeri sendiri. “Untuk itu kami akan terus berupaya membantu meningkatkan hasil karya mereka, sehingga bisa diakui di dalam negeri dan luar negeri, serta bisa meningkatkan perekonomian bangsa,” katanya.

Suryani mengatakan untuk member pemahaman tentang bisnis kepada pelaku UKM yang dominan menjadi anggota HIPPI, Rakernas juga menghadirkan sejumlah pembicara dari menteri, pejabat, dan pelaku bisnis yang cukup sukses di negeri ini.

About bdsindonesia

Hadir dan Mengalir, untuk memajukan UMKM Indonesia melalui BDS / Business Development Services.

Diskusi

One thought on “MODAL VENTURA UKM: Hippi Siapkan Dana Rp20 Miliar

  1. Salam,,,,, Saya mau nanya, bagaimana dengan UKM yang berada di Aceh? khususnya Aceh Utara dan Lhokseumawe,,,, Selama ini saya mendampingi KUMKM akses modal ke Bank/lembaga keuangan lainnya dan mendampingi kelembagaan,management, dan pemasaran, pelatihan UKM…Mohon info lebih lanjut dan syarat UKM untuk dana Ventura tks,

    Hormat Saya,

    Musrizal
    BDS-P GRANADA / KKMB
    Aceh Utara & Lhokseumawe

    Posted by Musrizal | 9 Januari 2013, 11:49 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

%d blogger menyukai ini: