berita

PERTAMINA siap kucurkan dana PKBL Rp745 miliar

Pertamina pada 2013 siap menggelontorkan dana Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) sebesar Rp745 miliar bagi usaha kecil dan petani yang menjadi binaanya di seluruh Indonesia.

Jumlah dana yang dikucurkan pada 2013 tersebut menurun dibandingkan dengan kucuran dana pada 2012 yang mencapai Rp1,2 triliun.

“Nilainya memang menurun, karena ada sisa anggaran 2012, dan pengembalian dari UKM yang meminjam juga lancar,” kata Hermanto Sinaga, Manajer Program Region 1, Small Medium Enterpries (SME) & Social Responsibility (SR) Partnership Program (PP) PT Pertamina, di Jakarta Jumat (28/12/2012).

Dia  mengatakan dana tersebut disalurkan untuk program kemitraan bagi UKM sebesar Rp248 miliar, dan bina lingkungan sebesar Rp497 miliar.

Hingga saat ini Pertamina sudah memiliki sebanyak 100.000 binaan UKM dalam program kemitraan yang tersebar di seluruh Indonesia.

Menurut dia, penyaluran dan kemitraan pada 2013 akan terus ditingkatkan.

Untuk itu Pertamina bersinergi dengan  sesama perusahaan BUMN lainnya, seperti PTPN, PT Sang Hyang Seri, PT Garam, Pertani, PT RNI, dan PT Berdikari.

“Pinjaman anak diutamakan menggunakan sistem kelompok atau cluster, sehingga memudahkan memonitoring dan evakuasi terhadap kualitas usaha mitra binaan,” ujarnya di sela-sela kegiatan Rumah Pamer dan Jual produk PKBL Pertamina, di Gedung Sarinah Thamrin, yang berlangsung hingga 30 Desember 2012.

Untuk program bina lingkungan, ujar Hermanto, pihaknya tetap meneruskam program pengentasan kemiskinan 100 desa daerah tertinggal, yang difokuskan pada bidang pendidikan, kesehatan, dan pengembangan ekonomi.

About bdsindonesia

Hadir dan Mengalir, untuk memajukan UMKM Indonesia melalui BDS / Business Development Services.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

%d blogger menyukai ini: