berita

2013, Pusat bangun 15 PLUT

Kementerian Koperasi dan UKM akan membangun 15 Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) KUKM pada tahun 2013 di tingkat provinsi, kabupaten/kota yang tersebar di seluruh Indonesia. Hal ini disampaikan Asisten Deputi Urusan Pemberdayaan Lembaga Pengembangan Bisnis Kementerian Koperasi dan UMKM Ahmad Zabadi di Ruang Rapat Wakil Gubernur Kalbar, Jumat (30/11) lalu.

Dia menjelaskan, setiap daerah yang tertarik harus mengusulkan berdasarkan pengajuan pimpinan daerah. Setiap gedung akan mendapat alokasi dana sebesar Rp 5 miliar. Sedangkan pemerintah daerah menyiapkan lahan yang sudah bebas dari masalah hukum.

“Ada tujuh jenis layanan yang akan disediakan di PLUT KUKM tersebut. Di antaranya menyiapkan konsultan bisnis koperasi untuk memberi jasa konsultasi sebagai pendampingan ke koperasi dan UMKM,” kata Ahmad.

Menurutnya, hal itu agar koperasi-koperasi yang tidak sehat memiliki masalah mendapat pendampingan. Mereka dapat menyusun manajemen keuangan, kemasan yang lebih baik. Selain itu, PLUT KUKM akan menjadi pendamping pula bagi KUKM yang statusnya ingin naik kelas. PLUT juga sebagai pusat pengembangan jejaring bisnis serta pusat pelatihan, sekaligus menjadi pusat literatur bagi wirausaha. Kementerian Koperasi dan UKM akan menyeleksi daerah yang dianggap paling tepat dan layak. “Sekarang tahapannya beauty contest,” tambah Ahmad.

Sementara itu, Sekda Kalbar M Zeet Assovie berkeyakinan KUKM di Kalbar juga bisa berkompetitif, bahkan bisa berkembang lebih maju. ”Kalbar masih perlu dokter-dokter atau pihak yang menangani UMKM. UMKM ini mesti diasuh sampai bisa sukses. Dokter pengasuh diperlukan untuk mendampingi UMKM kita,” katanya.

Kalbar dalam hal ini sudah menyatakan siap untuk menyediakan lahan PLUT. Meskipun pemerintah daerah harus memenuhi beberapa kriteria yang ditentukan. “Kalbar siap untuk menyediakan lahan PLUT. Kemungkinan lahannya dekat Museum Kalbar,” kata Ignatius IK, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Kalbar.

About bdsindonesia

Hadir dan Mengalir, untuk memajukan UMKM Indonesia melalui BDS / Business Development Services.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

%d blogger menyukai ini: