berita

PENGKADERAN WIRAUSAHA: Lulusan SMA dan Universitas Jadi Target

Pemerintah jadikan momentum tiga tahun Gerakan Kewirausahaan Nasional pada 2013 sebagai optimalisasi penciptaan entrepreneurs dari dua strata pendidikan, yakni dari alumnus SSM dan perguruan tinggi.

Menteri Koperasi dan UKM Sjarifuddin Hasan mengatakan peringatan tiga tahun Gerakan Kewirausahaan Nasional (GKN) tidak hanya sebagai ajang seremonial. Lebih dari itu dimanfaatkan secara optimal sebagai sarana sosialisasi.

”Pemerintah akan mengupayakan peningkatan wirausahawan baru dari generasi muda. Khususnya kelompok lulusan SMA maupun perguruan tinggi,” katanya kepada wartawan, Jumat (7/12) di kantornya Jl Rasuna Said, Jakarta Selayan.

Target peningkatan wirausaha dari kelompok pendidikan tersebut dikedepankan, karena jumlah alumninya setiap tahun cukup besar, namun kurang mendapat posisi pekerjaan sesuai dengan disiplin ilmu mereka.

Menurut dia, alumni SMA yang belum mendapat pekerjaan setiap tahun tercatat sekitar 2 juta orang. Kemudian alumni perguruan tinggi yang juga memiliki nasib serupa jumlahnya mencapai sekitar 492.000 orang.

Melalui pola pendampingan peningkatan wawasan kewirausahaan serta pendampingan pembiayaan yang dipersiapkan Kementerian Koperasi dan UKM, Sjarifuddin Hasan optimistis mereka bisa memenuhi keinginan pemerintah.

Keinginan tersebut adalah menjadikan mereka sebagai job creator atau pencipta lapangan kerja bagi pemuda lain yang belum beruntung mendapatkan pekerjaan. Bertambahnya wirausahawan tersebut, meringankan tugas pemerintah mengikis angka pengangguran.

Apabila pemerintah focus pada dua segmen itu meningkatkan wirausaha, maka semakin mempercepat proses pencapaian jumlah wirausaha nasional ke posisi ideal, yakni 2% dari jumlah atau populasi penduduk. Saat ini statistiknya baru mencapai 1,56%.

Pada tahun depan, katanya, pemerintah menargetkan yerjadi pertumbuhan sekitar 1 juta wirausaha baru dari alumnus strata pendidikan SMA dan perguruan tinggi. “Jika konsentrasi pada program itu, target pasti bisa tercapai.”

About bdsindonesia

Hadir dan Mengalir, untuk memajukan UMKM Indonesia melalui BDS / Business Development Services.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

%d blogger menyukai ini: