berita

AFTA 2015: Indonesia masih belum siap

Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (Hippi) menyatakan Indonesia masih belum siap menyambut perdagangan bebas negara-negara di Asia Tenggara (ASEAN Free Trade Area/AFTA) pada 2015.

“Jika ditanya apakah kita sudah siap menghadapi AFTA? Tidak ada yang siap. Pengusaha juga belum siap,” kata Ketua Umum Hippi Suryani SF Motik di Jakarta, Kamis (6/12/2012).

Menurut dia, perekonomian Indonesia yang dinilai bagus oleh sejumlah pihak tidak bisa menjadi patokan kesiapan negara ini untuk menghadapi pasar bebas ASEAN.

Indonesia, lanjutnya, hanya akan menjadi target pasar jika hingga saat ini tidak memanfaatkan kesempatan yang ada. “Tidak ada dorongan dari pemerintah sehingga akhirnya kita cuma dibidik sebagai pasar,” ujarnya.

Suryani juga menilai pemerintah seharusnya bisa memproritaskan pelaku usaha lokal serta memperbaiki struktur ekonomi yang ada.

Ia mengungkapkan keberatannya atas konsep Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) yang dinilai tidak berpihak pada sektor usaha kecil dan menengah. “MP3EI tidak menyentuh UKM dan tidak melihat peran partisipasinya,” tuturnya.

Ia juga menyayangkan konsep yang diresmikan sejak 2011 itu berlawanan dengan pernyataan dalam UUD 1945 tentang pemain ekonomi yang diakui negara.

“Padahal kita masih mengakui di UUD ’45 bahwa pemain ekonomi itu ada tiga, yakni swasta, koperasi, serta BUMN dan BUMD,” katanya.

Suryani berharap pemerintah bisa mengambil tindakan yang cepat, terutama untuk mendorong pelaku usaha yang berperan besar terhadap perekonomian Indonesia.

“Pemerintah tidak bisa diam saja, harus ada penjagaan iklim yang bagus ini. Logistik dan infrastruktur harus segera diperbaiki agar ongkos dari Jakarta ke Medan tidak lebih mahal dari ongkos Shanghai ke Jakarta,” tuturnya.

About bdsindonesia

Hadir dan Mengalir, untuk memajukan UMKM Indonesia melalui BDS / Business Development Services.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

%d blogger menyukai ini: