komoditi

IMPOR DAGING SAPI: “Pemerintah Tak Percaya Diri Swasembada Daging Sapi”

Peternak menilai kuota impor daging sapi sebanyak 80.000 ton untuk 2013 terlalu banyak dan mengindikasikan program swasembada daging sapi pada 2014 berpotensi tak tercapai.

Ketua Umum Perhimpunan Peternak Sapi dan Kerbau Indonesia (PPSKI) Teguh Boediyana mengatakan kuota impor pada 2013 seharusnya hanya ekuivalen 71.000 ton daging sapi sesuai dengan blueprint Program Swasembada Daging Sapi (PSDS) 2014.

“Pemerintah harusnya konsekuen. Itu mengindikasikan pemerintah sendiri ragu terhadap swasembada,” katanya hari ini (2/2012).

PSDS 2014 memberikan toleransi impor sebanyak 10% dari total kebutuhan daging sapi nasional. Sementara pemerintah masih memberikan toleransi impor sebesar 14,55% dari kebutuhan daging sapi sebanyak 549.672 ton pada 2013.

Mengenai pasokan sapi lokal sebagaimana dipermasalahkan importir, Teguh mengakui banyak peternak di Tanah Air yang belum menjalankan kegiatannya secara komersial. Ternak masih dipandang sebagai tabungan yang baru dijual ketika pemiliknya membutuhkan uang.

Namun menurutnya, hal itu menjadi tantangan pemerintah untuk membuktikan program pemerintah yang sangat yakin dengan angka hasil sensus Badan Pusat Statistik (BPS) yang menyebutkan populasi sapi potong saat ini 14,5 juta ekor.

“Tahun 2013 akan menjadi pertaruhan bagi Kementan untuk membuktikan bahwa penghitungan kemampuan daging sapi lokal seperti yang tertuang dalam blueprint dan validitas angka populasi sapi hasil sensus BPS,” ujarnya.

About bdsindonesia

Hadir dan Mengalir, untuk memajukan UMKM Indonesia melalui BDS / Business Development Services.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

%d blogger menyukai ini: