berita

UKM: Masyarakat Diminta Dukung Pelaku Usaha Kecil

Pemerintah mengingatkan masyarakat agar mendukung eksistensi pelaku usaha kecil karena kehadiran kelompok usaha justru memberi kemudahan untuk mendapatkan berbagai kebutuhan dengan harga terjangkau.

Agus Muharram, Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM, menjelaskan satuan harga yang ditawarkan usaha kecil jelas lebih rasional apabila dibandingkan dengan harga yang sama pada unit minimarket maupun restoran.

”Itulah sebabnya beberapa kementerian dan perusahaan BUMN bersinergi memberdayakan pelaku usaha kecil,” katanya ketika membuka Gebyar Ippkindo Expo 2012 di Gedung SME Tower, Kamis (22/11/2012).

Sebagai contoh, katanya, ketika seseorang mengkonsumsi juice jeruk di restoran, maka harus membayar mahal. Hargabernya akan jauh lebih ekonomis ketika komoditas tersebut dibeli pada pelaku usaha kecil yang hadir disetiap kota.

Tanpa pedagang kecil dia memastikan masyarakat hampir sulit mengkonsumsi makanan yang bergizi dengan harga terjangkau. Padahal, perbedaan rasa antara restoran maupun hotel berbintang dengan usaha hampir sama.

Apabila ada konsumen yang meragukan kebersihannya, Agus mengatakan tidak perlu khawatir karena pemerintah terus memonitor usaha mereka . Lokasi usaha kelompok itu juga terus ditata dengan konsep pengembangan fasilitas sarana usaha permanen.

Atas dukungan berbagai Kementerian  terkait, termasuk Kementerian Koperasi dan UKM serta Kementerian Perdagangan maupun Kementerian Perindustriam serta dikoordinasi Ikatan Pemberdayaan Pengusaha Kecil Indonesia (Ipkkindo), Agus Muharram optimistis mereka bisa meningkatkan statusnya ke jenjang lebih tinggi, yakni pelaku usaha menengah.

Meski demikian dia meminta agar pelaku usaha kecil yang bernaung di bawah Ipkkindo, supaya tetap menjaga hubungan baik dengan produsen. “Jangan sampai produsen dimanfaatkan pelaku usaha dari luar negeri,” tuturnya.

Ketua Umum Ippkindo, Ny. Titik Cacuk Sudarjanto, mengemukakan peserta pameran rata-rata memiliki profil yang mandiri, inovatif dan berkembangan. Kelompok ini diyakininya bisa mendorong peningkatan perekonomian nasional melalui eksistenisnya.

”Dalam pemberdayaan anggota Ippkindo, kami juga mendapat dukungan dari beberapa perusahaan BUMN. Di antaranya Pertamina maupun Provinsi Kalimantan Timur yang memberikan akses besar bagi usaha kecil untuk berkembang,” ujarnya.

About bdsindonesia

Hadir dan Mengalir, untuk memajukan UMKM Indonesia melalui BDS / Business Development Services.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

%d blogger menyukai ini: