berita

KOPERASI: Tim Satgas Pengawasan KSP Resmi Bekerja

Kementerian Koperasi dan UKM resmi mengukuhkan tim satuan tugas untuk melakukan pengawasan terhadap operasional koperasi simpan pinjam yang terus tumbuh hingga mencapai di atas 70.000 unit saat ini.

Deputi Bidang Pembiayaan Kementerian Koperasi dan UKM, Meliadi Sembiring, mengemukakan tugas pengawasan terhadap operasional koperasi simpan pinjam (KSP) saat ini sudah sangat urgent. Oleh karena itu untuk sementara dibentuk tim satuan tugas (Satgas).

”Karena tugas pengawasan itu sudah menunggu, maka kami mengharapkan kepada seluruh Satgas yang sudah dikukuhkan, segera aktif menjalankan tugas dan fungsinya untuk mengawasi operasional KSP di Indonesia,” ujarnya kepada Bisnis, Minggu (11/11).

Pada akhir pekan lalu, pengukuhan terhadap tim Satgas telah dilaksanakan kepada perwakilan dari 10 provinsi serta melibatkan sekitar 100 orang personil. Untuk sementara, seluruh tim Satgas tersebut berasal dari provinsi, kabupaten dan kota.

Menurut dia, pengukuhan Satgas merupakan salah satu upaya Kementerian Koperasi dan UKM untuk meningkatkan efektivitas pengawasan terhadappenyelenggaraan organisasi dan usaha yang dilakukan pengelola koperasi Indonesia.

”Khususnya koperasi yang mengelola usaha simpan pinjam, sehingga mampu menjadi lembaga internediasi yang sehat, kuat dan terpercaya menuju koperasi kelas dunia atau world class cooperative. Dan yang terpenting, memberi manfaat sebesar-besarnya kepada anggota dan masyarakat sekitar.”

Sesuai amanat Peraturan Pemerintah Nomo 9 Tahun 1995 dan Peraturan Menteri Koperasi Nomor 21 Tahun 2008 tentang pengawasan simpan pinjam, merupakan tanggungjawab Deputi Bidang Pembiayaan Kementerian Koperasi dan UKM.

”Untuk melancarkan tugas itu, kami menetapkan Satgas pengawasan pada setiap provinsi. Pembentukan ini dimaksudkan menjembatani sampai terbentuknya Lembaga Pengawas Simpan Pinjam (KSP) sesuai amanat Undang-undang Nomor 17 Tahun 2012 tentang perkoperasian,” tutur Meliadi.

Itulah arti penting pengkuhan Satgas pengawasan KSP yang bertugas, a.l. memantau, memeriksa, dan melakukan penilaian kesehatan pada setiap provinsi. Sebab, KSP merupakan salah satu instrumen pemberdayaan ekonomi rakyat.

KSP tegas Meliadi, sangat familiar di masyarakat sebagai lembaga yang menjadi sumber pembiayaan untuk memenuhi permodalan. Khususnya bagi pengusaha mikro dankecil, karena pembiayaan ke KSP mudah dijangkau serta administratifnya tidak rumit.

About bdsindonesia

Hadir dan Mengalir, untuk memajukan UMKM Indonesia melalui BDS / Business Development Services.

Diskusi

One thought on “KOPERASI: Tim Satgas Pengawasan KSP Resmi Bekerja

  1. kenapa bentuk satgas lagi? lebih baik berdayakan BDS/LPB yang ada

    Posted by I Putu Jonni | 8 Desember 2012, 3:57 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

%d blogger menyukai ini: