berita

LOKAKARYA ILO Dorong Pengembangan Produktivitas UKM

International Labour Organization (ILO) menggelar lokakarya bertajuk Cara Jitu dan Tips-Triks Menuju UKM Berproduktivitas Tinggi, untuk lebih mendorong pengembangan produktifitas usaha kecil menengah (UKM) agar memiliki daya saing kompetitif serta usaha berkelanjutan.

Deputy Director ILO Indonesia Michiko Miyamoto mengatakan Makassar menjadi kota kedua selain Jakarta yang menjadi lokasi peluncuran kampanye ILO Sustaining Competitive and Responsible Enterprises (SCORE), untuk mempromosikan pentingnya kerja sama antara pekerja dan manajemen sebagai upaya mencapai kesejahteraan bersama.

“Secara global, Indonesia menjadi salah satu dari tujuh negara yaitu India, China, Afganistan Selatan, Ghana, Vietnam, dan Kolombia yang terpilih oleh ILO untuk melaksanakan program SCORE dalam rangka membantu UKM meningkatkan kualitas dan produktifitas,” ungkap Miyamoto di sela-sela peluncuran ILO-SCORE di Makassar hari ini, Selasa (6/11/2012).

Menurutnya, kunci pembangunan ekonomi berkelanjutan yang secara efektif mampu menekan angka kemiskinan terletak pada UKM yang berhasil dan berdaya saing tinggi.

Khusus Makassar, lokakarya yang ditandai kampanye ILO-SCORE merupakan tindak lanjut dari peluncuran secara nasional yang diselenggarakan di Jakarta, Kamis (1/11) lalu.

“Khusus Makassar dan Sulsel secara umum, kami yakin UKM bisa menjadi lebih kompetitif dan produktif di pasar lokal, nasional maupun global,” ujarnya.

 

Oleh karena itu, pihaknya sangat mendukung peningkatan daya saing dan keseluruhan kinerja UKM di daerah ini dalam menghadapi tantangan ekonomi kedepan.

Lokakarya tersebut merupakan implementasi dari program ILO-SCORE yang diluncurkan sejak 2010, dan bertujuan membantu UKM se-Indonesia dalam meningkatkan kualitas dan produktivitas, memperbaiki kondisi kerja serta mengurangi kerusakan lingkungan.

Program ini didanai oleh Sekretaris Negara untuk Bidang Ekonomi Swiss (SECO), dan Badan untuk Kerja Sama Pembangunan Nowergia (NORAD). Juga didukung Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Konfederasi Serikat Pekerja Nasional dan Yayasan Dharma Bhakti Astra.

sumber; kontan.com

About bdsindonesia

Hadir dan Mengalir, untuk memajukan UMKM Indonesia melalui BDS / Business Development Services.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

%d blogger menyukai ini: