berita

PENGEMBANGAN WIRAUSAHA: LPDB akan perkuat modal lembaga keuangan mikro

Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB)-KUMKM menyatakan akan memperkuat permodalan Lembaga Keuangan Mikro (LKM) agar mereka memiliki kapasitas yang kuat untuk memberikan pinjaman modal kepada calon-calon wirausaha.

“Salah satu mitra kami selain koperasi dan UKM adalah LKM yang ke depan akan kami perkuat secara permodalan agar mereka bisa memberikan pinjaman kepada lebih banyak calon wirausaha,” kata Direktur Utama LPDB-KUMKM, Kemas Danial, di Jakarta, Jumat (26/10/2012)

Ia mengatakan LKM memiliki posisi dan peran yang sangat penting untuk mendukung lahirnya lebih banyak calon wirausaha baru di Tanah Air.

Pihaknya memantau selama ini banyak calon wirausahawan yang belum “bankable” alias sulit memperoleh pinjaman modal dari perbankan.

Padahal, kata Kemas, banyak dari mereka memiliki usaha yang berprospek sangat cerah khususnya bagi mereka yang bergerak dalam bidang industri kreatif.

“LKM ini akan lebih mudah diakses calon wirausaha baru karena persyaratan mereka lebih mudah selain juga keberadaannya yang tersebar di pelosok-pelosok negeri,” katanya.

Kemas menyatakan pihaknya akan mendorong lebih banyak LKM agar membiayai calon wirausaha yang memiliki prospek usaha yang cerah.

Pihaknya sendiri siap memberikan bimbingan dan pelatihan bagi para pelaku bisnis LKM agar lebih berdaya saing dan mampu menerapkan bisnis secara lebih profesional sehingga bisa memberikan layanan yang prima bagi calon nasabahnya.

LPDB-KUMKM tercatat telah menyalurkan dana bergulir mencapai Rp2,15 triliun kepada 1.289 nasabah sejak 2008 hingga 9 Oktober 2012.

Dana sebesar itu disalurkan kepada pelaku UKM, koperasi, lembaga keuangan mikro, dan lembaga modal ventura.

Tahun ini lembaga itu menyalurkan Rp538,87 miliar dana bergulir dengan dana yang menunggu untuk dicairkan sebesar Rp126,46 miliar.

sumber: Bisnis indonesia

About bdsindonesia

Hadir dan Mengalir, untuk memajukan UMKM Indonesia melalui BDS / Business Development Services.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

%d blogger menyukai ini: