berita

Gelar Pendampingan BDS di Kediri

LENSAINDONESIA.COM: Salah satu rencana strategis PT. Telekomunikasi Indonesia (Telkom) untuk menyukseskan program Koperasi Modern yang telah dicanangkan Februari lalu, direalisasikan hari ini dengan menggandeng ABDSI (Asosiasi Business Developmnet Service Indonesia) di Kediri, Jatim. ABDSI adalah salah satu community channel Telkom yang telah ditunjuk sebagai mitra pendamping program Koperasi Modern oleh Dinas Koperasi dengan 22 Korwil yang terdiri dari Kopwan dan Koperasi Umum. Salah satu Korwil-nya adalah Korwil Jawa Timur yang memiliki perwakilan Business Development Service di 38 Kabupaten / Kota se Jawa Timur.

Sebanyak 450 (empatratus limapuluh) Nota Kesepahaman akan ditandatangani oleh Telkom dan Kopwan-Koperasi Umum dari Kediri dan perwakilan dari 38 (tigapuluh delapan) Kabupaten/Kota se Jawa Timur. Penandatanganan dilakukan di desa Sugih Waras, Kec. Ngancar Kab. Kediri. Keesokan harinya, akan dilanjutkan lagi dengan penandatanganan 100 Nota Kesepahaman dari Koperasi Kota kediri. Total ada 550 Nota Kesepahaman program Koperasi Modern yang akan ditandatangani sebagai rangkaian acara Gelar Pendampingan BDS Indonesia 2012 dan Perjanjian Kerjasama Koperasi Modern Telkom Indonesia untuk Koperasi di Jawa Timur dengan model Pendampingan Bisnis BDS.

Dalam kerjasama ini, Telkom membantu pengembangan koperasi dan UMKM melalui Program Koperasi Modern Indonesia [KMI] khususnya dalam bidang SDM, Manajemen, ICT, perspektif bisnis, dan permodalan dengan model pendampingan bisnis oleh BDS Indonesia. Diharapkan dengan kerjasama ini koperasi dapat melaksanakan bisnisnya secara cepat, akurat, dan reliable, yang akhirnya untuk peningkatan kesejahteraan anggota.

“Koperasi merupakan sokoguru perekonomian Indonesia yang berkontribusi besar terhadap pertumbuhan ekonomi bangsa. Dengan kerjasama ini, kami berharap Telkom bisa berkontribusi besar untuk kesejahteraan bangsa”, ungkap General Manager Divisi Business Service Telkom area Jawa Timur, Firdaus Roeswandi sesaat setelah penandatanganan Nota Kesepahaman.

Menurut Firdaus, Jawa Timur mempunyai potensi sangat besar dalam program Koperasi Modern. Hal ini disebabkan, terdapat tak kurang dari 29.400 koperasi yang berada di Jawa Timur. “Ini adalah pasar potensial yang harus dikembangkan” tambahnya. Sampai saat ini, sudah 400 koperasi di Jawa Timur yang telah menjadi community channel Telkom dalam program Koperasi Modern. “Sampai akhir 2012, target kami 1.000 koperasi di Jawa Timur bisa tergabung dalam program ini,” tambahnya lagi.

Program Koperasi Modern telah dicanangkan oleh Telkom sejak awal Februari 2012. Dalam program ini, Telkom membantu percepatan bisnis Koperasi melalui penggunaan ICT (Information, Communication Technology), seperti melakukan monitoring, evaluasi, dan melakukan pendataan secara akurat serta up to date. Pada Tahap I Telkom memberikan bundling layanan 3 layanan yaitu aplikasi e-Koperasi, FINCHANNEL dan DELIMA. ICT ini diharapkan mampu menjadi Business Enabler bagi Koperasi. Telkom mengembangkan bisnis model ICT yang sustainable di lingkungan ekosistem Koperasi melalui Pola Sinergi dan kemitraan, serta membantu koperasi meningkatkan daya saing dan kinerja bisnis Koperasi melalui e-business .

Berdasarkan data dari Kementrian Koperasi dan UMKM bahwa jumlah koperasi terdaftar di Kemenkop pada tahun 2010 adalah sebesar 177.482 unit dengan laju pertumbuhan koperasi dari tahun 2005-2010 sebesar 5,6%. Koperasi Simpan Pinjam merupakan jenis koperasi dengan komposisi terbesar yaitu 47% diikuti oleh Koperasi Jasa (25%) dan Koperasi lain-lain (23%). Sampai saat ini masyarakat masih membutuhkan Koperasi sebagai lembaga yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya masyarakat kategori unbankable.

Disamping itu, TELKOM juga memberi kesempatan kepada Koperasi atau Badan Usaha lain yang berminat untuk menjadi Mitra Channel dalam mendukung implementasi program ini sebagai External Delivery Channel sesuai syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan, untuk informasi lebih lengkap dapat menghubungi Call Centre TELKOM Divisi Business Service di nomor 500250.LI-07

About bdsindonesia

Hadir dan Mengalir, untuk memajukan UMKM Indonesia melalui BDS / Business Development Services.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

%d blogger menyukai ini: