berita, komoditi, UMKM

UKM Jepang Berminat Pada Pasar ASEAN

Menurut ” Nihon Keizai Simbun ” Jepang dengan mengutip prakiraan Organisasi Ekonomi dan Kerja Sama ( OECD ), produk domestik bruto ( PDB ) negara-negara ASEAN dari tahun 2012 hingga 2016 akan mengalami pertumbuhan berkelanjutan, di antaranya pertumbuhan Indonesia 6,6%, Vietnam 6,3%, rata-rata melampui tingkat tahun 2011.

Organisasi tersebut berpendapat, dalam lingkungan kemorosotan ekonomi global, walau ekspor negara-negara ASEAN mengalami dampak tertentu, namun pasar permintaan domestik dan aktivitas ekonomi dalam kawasannya sangat aktif dan akan menjadi daya penggerak besar bagi perkembangan ekonomi negara-negara ASEAN.

Semakin banyak UKM Jepang menaruh harapan atas potensi pasar dan prospek perkembangan negara-negara ASEAN, sementara menjadikan negara-negara ASEAN sebagai basis utama untuk merealisasi pertumbuhan baru, mempercepat langkah menuju pasar negara-negara ASEAN.

About bdsindonesia

Hadir dan Mengalir, untuk memajukan UMKM Indonesia melalui BDS / Business Development Services.

Diskusi

4 thoughts on “UKM Jepang Berminat Pada Pasar ASEAN

  1. apakah kenaikan harga BBM thn ini akan berdampak pada pertumbuhan produk domestik bruto ( PDB ) di negeri ini ??
    dengan menaikkan BBM bersubsidi tentunya akan berdampak pada tingginya cost produksi terhadap sektor UMKM,petani,nelayan serta jenis usaha kecil lainnya !!

    salam buat mas Zaenal, mohon bimbingannya buat mengembangkan usaha saya,terimakasih..by: Munir Proletar

    Posted by Munir Proletar | 23 Maret 2012, 2:47 am
    • Tentu ada pengaruhnya. butuh kecerdasan kita semua untuk mencari solusi yang tepat agar UMKM yang kita dampingi mampu bertahan dari situasi yang tidak menguntungkan seperti saat ini. kenaikan BBM belum diputuskan, namun ternyata harga berbagai kebutuhan pokok sudah mulai merangkak naik.

      Posted by bdsindonesia | 31 Maret 2012, 4:25 am
  2. Walaupun pertumbuhan ekonoomi Indonesia cukup tinggi perlu diingat bahwa kondisi suku bunga kredit yg sangat tinggi masih merupakan suatu kendala bagi dunia usaha, apalagi sebagian besar perbankan nasional adalah bank2 milik asing. Pertumbuhan masih akan meningkat lagi jika suku bunga pinjaman berada pd angka satu digit.

    Posted by LPB-NCA | 25 Maret 2012, 2:10 pm
    • Suku bunga saat ini memang menguntungkan industri keuangan. Itulah salah satu alasan mengapa sampai hari ini terus saja berbondong-bondong masuk lembaga keuangan asing ke Indonesia.

      Posted by bdsindonesia | 31 Maret 2012, 4:23 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

%d blogger menyukai ini: