Uncategorized

SMK Batang Ciptakan Alat Pengering Makanan

BATANG, KOMPAS.com – Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) Kandeman, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, menciptakan alat pengering makanan. Alat ini diharapkan bisa membantu para produsen makanan yang kesulitan menjemur bahan makanan itu di saat musim hujan. Guru pembimbing siswa SMKN Kandeman, Anggoro mengatakan, dengan alat yang dinamai “Tray Dryer” itu diharapkan para pengusaha kecil yang memproduksi makanan dan butuhkan proses pengeringan tidak perlu lagi menunggu adanya panas matahari.

“Dengan alat Tray Dryer itu, produsen makanan, seperti kerupuk ikan tidak perlu menunggu panas sinar matahari. Para perajin bisa menggunakan alat itu kapan saja dengan cukup menghubungkan pada aliran listrik,” kata Anggoro, Rabu (18/1/2012), di Batang, Jawa Tengah.

Anggoro memaparkan, kelebihan alat Tray Dryer adalah proses pengeringan bahan makanan akan lebih bersih dan sehat, serta tidak terkena debu.

“Memasuki musim penghujan seperti sekarang ini akan mengakibatkan para produsen makanan kesulitan membutuhkan proses pengeringan. Dengan alat itu, maka mereka bisa menggunakan kapan saja,” ujarnya.

Selain itu, proses pengeringan dengan alat Tray Driyer juga akan lebih cepat dibandingkan dengan panas sinar matahari karena panas yang dikeluarkan untuk mengeringkan makanan lebih stabil. Ia berharap, Tray Dryer bisa membantu para pelaku UMKM di Batang yang saat ini kesulitan menjemur produksinya akibat hujan terus mengguyur daerah tersebut.

“Alat tersebut membutuhkan daya yang dikeluarkan sekitar 35 hingga 50 derajat celcius. Saat ini, alat telah dibuat 16 set dan sebagian sudah dimanfaatkan oleh para pengusaha kecil menengah dengan dijual seharga Rp 6 juta per set,” ujar Anggoro.

About bdsindonesia

Hadir dan Mengalir, untuk memajukan UMKM Indonesia melalui BDS / Business Development Services.

Diskusi

2 thoughts on “SMK Batang Ciptakan Alat Pengering Makanan

  1. luarbiasa. karya nyata. tidak harus se-fenomenal mobil EsEmKa. sangat membantu UKM agar bisa terus berproduksi di saat musim penghujan saat ini.
    ayo pak Anggoro, ciptakan mesin pengering dengan sumber energi selain listrik. agar alat tersebut bisa digunakan di pelosok desa.

    Posted by Samsul Hadi | 19 Januari 2012, 5:28 pm
    • cak samsul, pak anggoro sgt produktif karena kmrn saja dia sudah bisa membuat alat packaging hydrolic rumput laut. dari karya dia sekarang sudah bisa di gunakan di dampingan umkm saya di brebes. harga murah bahkan dibawah harga pabrik, tapi mutu tidak kalah. bravo mas anggoro, karya nyata anda harus di teruska n

      Posted by kangbahrululum | 19 Januari 2012, 9:17 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

%d blogger menyukai ini: