bdsp, sentra

JICA Kembangkan Sentra Nilam dan Songket

JICA kunjungi ABDSI

JICA kunjungi ABDSI

Japan International Cooperation Agency atau yang lebih dikenal dengan nama JICA, oleh pemerintah Indonesia diminta membantu kembali pengembangan sentra UKM. Hal tersebut merupakan bagian dari tindaklanjut hasil studi JICA di 3 klaster industri tahun 2002-2004 lalu yakni industri meubel di serenan Klaten, industri genteng di kebumen, dan industri logam di Waru Sidoarjo.

Upaya mengimplementasikan hasil studi tersebut di beberapa daerah lain yang membutuhkan, tentu sebuah langkah bagus. Hal tersebut ditunjang dengan upaya assessment dan identifikasi ke semua stakeholder yang mungkin bisa dan akan terlibat. Dalam kaitan itu, JICA telah mengunjungi sekretariat ABDSI dan bertemu jajaran pengurus.

Salah satu komponen penting dalam program sentra yang didukung JICA adalah adanya komponen BDS. Dan mereka tidak sembarangan menunjuk BDS. mereka butuh partner yang serius dan bertanggungjawab. Itulah kepentingan utama mereka menemui ABDSI. mereka butuh informasi tentang keberadaan BDS, apa saja yang telah mereka kerjakan, bagaimana kisah suksesnya, dll. mereka fokus mencari BDS di Jawa Barat dan Sumatera Barat, untuk mendukung program pengembangan sentra mereka di industri Nilam Sumedang dan industri songket Bukittinggi.

ABDSI telah memberikan informasi yang mereka butuhkan, dan beberapa langkah lanjutannya sudah mulai disepakati, salah satunya adalah rencana kunjungan lapangan ke sentra akarwangi yang dibina kang Dedi Sudrajat, minggu depan. Ini berarti bahwa JICA tidak cukup hanya diberi bahan omongan dan tulisan, tapi mereka ingin melhat langsung kondisi di lapangan. semoga Kang Dedi bisa menjadi duta yang baik bagi kita semua, dengan menunjukkan karya konkretnya saat mendampingi sentra akar wangi di Garut.

About bdsindonesia

Hadir dan Mengalir, untuk memajukan UMKM Indonesia melalui BDS / Business Development Services.

Diskusi

One thought on “JICA Kembangkan Sentra Nilam dan Songket

  1. mohon informasi untuk pengembangan nilam di jawa tengah, mengingat sentra ini cocok dan pernah dibudidayakan. hanya saja masyarakat trauma karena pernah tidak terbeli, saat ini kami sedang mempersiapkan lahan budidaya =/- 2 ha, namun masih perlu bantuan banyak pihak untuk merealisasikan program ini. tks

    Posted by bayu dian | 28 Januari 2010, 2:59 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

%d blogger menyukai ini: