bdsp, berita, komoditi

Pendampingan Kospermindo: Solusi Kualitas!

Lembaga pendamping yang intensif membina para pembudidaya rumput laut di Sulsel dalam rangka genjot produksi dan kualitas

Kata kuncinya adalah pendampingan. Program tersebut dituntut mampu menyelesaikan masalah konsistensi kualitas rumput laut yang dihasilkan para pembudidaya tanah air. Setidaknya itu yang diungkap sebagian pelaku agribisnis yang bergerak di pengolahan rumput laut. Bukan saja pelaku bisnis, Made L Nurjana, Dirjen Perikanan Budidaya DKP pun menyebutkan program pendampingan sebagai satu titik kritis. Made secara jelas mensyaratkan program pendampingan intensif bagi para pembudidaya untuk menggenjot produksi rumput laut Indonesia sekaligus meningkatkan kualitasnya.
Tak ketinggalan Deputi Kepala Bidang Teknologi Pengembangan Sumberdaya Alam BPPT (Badan Pengkajian Penerapan Teknologi), Jana T Anggadiredja pun menyuarakan hal yang sama. Menurut Jana, pendampingan mutlak diperlukan, mengingat para pembudidaya membutuhkan edukasi, baik dalam soal teknis maupun nonteknis. Untuk itu, diperlukan sebuah lembaga yang benar-benar intens melakukan pendampingan bagi para pembudidaya, terutama di sentra-sentra pengembangan rumput laut.
“BPPT sudah melakukannya di Sulsel. Model pendampingan dilakukan bersama Kospermindo,” ujar Jana kepada TROBOS beberapa waktu lalu. Kospermindo (Koperasi Serikat Pekerja Merdeka Indonesia) inilah jelmaan dari lembaga pendampingan yang intensif membina para pembudidaya rumput laut di Sulawesi Selatan. Menurut Jana yang juga Ketua Asosiasi Rumput Laut Indonesia, model pendampingan yang dilakukan Kospermindo ini akan dijadikan contoh untuk dikembangkan di sentra-sentra rumput laut lainnya yang ada di Indonesia.

Rambah 9 Kabupaten
Berawal dari sebuah koperasi simpan pinjam binaan BPPT, Kospermindo yang berdiri sejak tahun 1999 melakukan pendampingan bagi para pembudidaya rumput laut dimulai 2002. Puncaknya, di 2004 Kospermindo memutuskan untuk masuk secara total ke sistem agribisnis rumput laut.
“Sejak tahun 2004 kami total sepenuhnya terjun ke agribisnis rumput laut. Dengan salah satu tugas kami melakukan pendampingan secara intensif kepada para pembudidaya rumput laut yang ada di Sulsel,” papar Ketua Kospermindo, Arman Arfah, saat dihubungi TROBOS melalui ponselnya.
Arman menyadari, program pendampingan merupakan salah satu solusi kunci meningkatkan kualitas rumput laut yang dihasilkan oleh pembudidaya. “Selama ini pembudidaya tidak ada yang mendampingi, sehingga kualitas produknya berbeda-beda antara pembudidaya yang satu dengan yang lainnya,” imbuhnya.
Pendampingan kepada para pembudidaya rumput laut ini langsung dilakukan para staf Kospermindo, dengan cara membentuk kelompok-kelompok pembudidaya yang terdiri atas 10-15 orang pembudidaya. Setelah itu, masing-masing kelompok dikumpulkan lagi dan tergabung dalam satu kordinasi yang dipimpin oleh seorang kordinator.
Kordinator inilah yang aktif berdiskusi untuk menggali permasalahan-permasalahan yang dihadapi para pembudidaya sekaligus mencarikan jalan keluarnya. “Selain dilakukan oleh staf Kospermindo sendiri, kita juga sering melakukan kerjasama dengan Pemda untuk melakukan pembinaan,” tutur Arman.
Menurutnya, sampai saat ini, Kospermindo memiliki binaan yang tersebar di 9 kabupaten di Sulsel meliputi; Bone, Sinjai, Wajo, Luwu, Luwu Utara, Palopo, Jeneponto, Takalar dan Bulukumba. “Jumlah total pembudidaya yang telah dibina Kospermindo mencapai 4.000 orang lebih, terdiri atas pembudidaya Gracilaria sp dan Eucheuma sp, dengan luas lahan mencapai 1.500 ha untuk Gracilaria sp dan 900 ha untuk Eucheuma cotonii,” ujar Arman detail.
Selain itu, untuk mengatasi permasalahan buruknya kualitas bibit rumput laut, Kospermindo juga tengah berupaya untuk mengembangkan kebun bibit di Sulsel. Kebun bibit ini sebelumnya dirintis oleh BPPT pada 2005, yang kemudian diteruskan oleh Kospermindo. “Dilakukan seleksi bibit, mana yang bagus kemudian dikembangkan,” ujar Jana. Kebun bibit yang dikembangkan Kospermindo telah ada di tiga kabupaten yaitu Bone, Wajo dan Pinrang.

Sumber: TROBOS

About bdsindonesia

Hadir dan Mengalir, untuk memajukan UMKM Indonesia melalui BDS / Business Development Services.

Diskusi

11 thoughts on “Pendampingan Kospermindo: Solusi Kualitas!

  1. Mulie, masih kesulitan untuk beri comment terhadap halaman ini?

    Posted by samsul hadi | 18 Mei 2009, 5:15 pm
    • Assalamualaikum Pak Sam….

      Akhirnya mulie bisa comment di web ini Pak Sam, alhamdullilah, mungkin saja waktu ini ada trouble di connection nya Pak,
      Exactly mulie udah comment di web ini….
      Semoga ABDSI tetap Jaya dan sukses selalu untuk semuanya, Amin….

      Posted by muliati latief | 20 Mei 2009, 1:35 pm
  2. Semoga apa yang telah dirintis dan dikembangkan oleh kospermindo mampu menularkan virus positif kepada teman-teman BDS. Tetapi yang terpenting adalah ketersediaan ” Pasar “, yaitu Dimulai dari Pasar dan Kembali ke Pasar”, apa guna produksi melimpah dengan kualitas dan kuantitas yang besar tanpa adanya market. Salah satu point keberhasilan Kospermindo karena di dukung oleh pasar yaitu PT. Agarindo Bogatama yang selalu intensif ke lapangan bersama team Kospermindo untuk melakukan pembinaan dan pemberdayaan kelompok tani agar petani yang tadinya hanya menghasil kualitas asalan dan tidak bernilai jual menajdi tahu kualitas seperti apa yang diinginkan oleh Pabrik dan memiliki pasar yang jelas untuk produksi dari petani. PT. Agarindo Bogatama yang merupakan pabrik agar-agar terbesar ke-2 di dunia bersama kospermindo dan ASPPERLI ( Asosiasi Petani dan Pengelola Rumput Laut Indonesia ) telah berhasil mengangkat kualitas dan kuantitas rumput laut petani di sulawesi selatan yang tentunya sesuai standard kualitas pabrik dan bernilai jual tinggi dibanding dengan nilai jual lainnya. Terima kasih…. salam kepada seluruh rekan-rekan BDS Selindo, BDS for develop Small and Medium Enterprises

    Posted by muliati latief | 20 Mei 2009, 1:32 pm
  3. terimakasih rekan Mulie atas commentnya. sukses selalu buat kawan2 BDS Kospermindo. salam buat Pak Arman.

    Posted by bdsindonesia | 27 Mei 2009, 5:57 am
  4. Baik, terima kasih….

    Posted by muliati latief | 27 Mei 2009, 8:31 am
  5. kayaknya bgus u/diteliti mngenai peranan kospermindo trhadap peningkatan produksi n kualitas rumput laut terutama d bone.
    klo d bone, d desa mn????
    Bs d bantu kak!

    Posted by rafika rafi | 24 Oktober 2009, 2:19 pm
  6. Mulie, tolong dibantu jawab pertanyaan Rafika Rafi ini…

    Posted by bdsindonesia | 25 Oktober 2009, 5:52 am
    • hi..helloo Rafika Rafi

      Salam dari Makassar yaa !!
      Kalo di bone, kami banyak tempat, ada di kec, cenrana, kec. Barebbo, kec. Tanete Riattang Timur, Waetuwo (dekat lokasi wisata Pallete ), terserah mau kemana aja tapi tentunya ada surat penyampaian ke pihak kami (Kospermindo) di kab. lainnya juga ada seperti Kab. Bulukumba ( di daerah Kajang), Sinjai, Kab, Luwu Utara ( Di bone-bone) kab Luwu Timur di kec. Malili dan Lakawali..
      Demikian info saya… terima kasih.. Good Luck !!!!!

      Posted by muliati latief | 25 Oktober 2009, 7:48 pm
      • mulie, apa kabar?
        tolong update info baru kegiatan kamu dan kawan2 di Sulsel ya.
        sukses selalu buat kamu dan rekan2 Kospermindo.

        Posted by bdsindonesia | 18 Januari 2012, 9:21 pm
      • Hi helloo…apa kabar???? Selamat tahun baru 2012, even delayed to say Happy New Year 2012, semoga di tahun 2012 jauh lebih baik lagi dari tahun – tahun sebelumnya……
        Kegiatan kami di sul sel tetaplah seperti tahun-tahun sebelumnya. pembinaan ke kelompok tai rumput tetap dan terus berjalan, tahun 2011 kami over produksi u/ rumput laut Gracilaria, alhamdulillah

        Tahun 2011 kemaren tepatnya di tanggal 1 – 4 Desember kami BDS Kospermindo sebagai partner dari Asosiasi Petani dan Pengelola Rumput Laut Indonesia ( ASPPERLI) mengadakan Event 3 ( tiga) Tahunan yaitu Indonesia Seaweed Forum yang telah dihadiri 17 negara produsen dan processor Rumput laut spt dari Italy, Chile, East Africa (Tanzania ), Equator Philippine,China, Hongkong, South Korea dan lainnya

        Oh iya sekadar info juga buat teman2 BDS Indonesia bahwa Tahun 2011Tepatnya di bulan October 2011, Kospermindo terpilih untuk Korea dan saya yang kebetulan mewakili Kospermindo untuk mengikuti pelatihan tepatnya : 2011 ASEAN-KOREA ECONOMIC COOPERATION PROGRAM ON POSTHARVEST TECHNOLOGY FOR SMALL AND MEDIUM ENTERPRISES daro tgl 22 Oct – 31 Oct 2011,

        yang diselenggarakan oleh Korea Foord Research Institute

        Demikian sharing info dari BDS Kospermindo, Sul-Sel……Good Luck for All

        Posted by Muliati Latief | 24 Januari 2012, 11:11 am
      • tks Mulie telah sempatkan buka blog BDS Indonesia. selamat buat kamu dan semua rekan2 di Kospermindo.
        Maaf aku tidak sempat ke Makassar saat international event bbrp waktu lalu, karena bareng dg gawenya PEACBromo di Surabaya.
        Ada pengalaman bagus dari korea yang bisa di share ke kawan2 yg lain?
        ditunggu.

        Posted by bdsindonesia | 24 Januari 2012, 11:33 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

%d blogger menyukai ini: